pecinta burung lovebird Indonesia

OPALINE FISCHERI - LOVEBIRD BIOLA

OPALINE FISCHERI - Fischer Biola

Biola, salah satu varian pada jenis Fischeri ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Selain warnanya hijaunya yang boleh dibilang "khas Opaline" kalau menurut Saya, karena tidak sama dengan warna hijau varian lainnya, warna merah pada bagian kepala dan leher-pun sangat kontras, yakni merah menyala.
lovebird biola
Menurut artikel dari Ornitho-Genetics, keberadaan Opaline Fischer (di Indonesia dikenal sebagai Biola) mulai ditemukan pada tahun 2010. Pelapor (pembeli saat itu) melaporkan telah membeli burung tersebut di Hong Kong di pasar hewan lokal setempat.

Beberapa bulan kemudian si Pembeli ini membeli Biola kembali di toko yang sama. Hingga kini, keberadaan penjual di Hong Kong tersebut tidak diketahui.

Namun kabar baik juga, beberapa tahun setelahnya (2012-2013) dilaporkan juga burung jenis Biola ada di Indonesia dan Italia. Pada saat tes kawin dilakukan, sengaja dibiakan untuk mengetahui ini mutasi genetis atau bukan, ternyata Biola bersifat resesif dan Sex-Linked (terkait kelamin), maka diyakini bahwa Biola ini betul mutasi gen yang diwariskan seperti halnya Opaline pada Roseicollis.
lovebird biola
Entah karena alasan apa lovebird jenis ini lebih familiar dengan istilah Biola. mungkin karena warnanya yang aduhai,, hehehe. tapi memang faktanya saat ini Biola sedang menjadi primadonanya untuk para Lovebird Lover.

Awal kemunculannya banyak yang memandang sebelah mata terhadap biola, karena hanya memiliki mutasi biola euwing dan biola lutino saja, tapi dengan kegigihan para breeder tanah air akhirnya banyak varian mutasi biola baru seperti Biola Biru, Bahkan Biola Parblue yang harganya bikin geleng geleng kepala.

Karena mutasi biola bersifat sex linked maka anakan yang berfisik hijau standart pun banyak dicari karena memiliki split biola walaupun hanya berlaku untuk anakan jantan saja. untuk para breeder yang bermodal kecil banyak pula yang mencoba mengawinkan hijau standart split biola ini dengan burung non biola, jika jackpot maka akan mendapatkan anakan biola dari indukan paket hemat split biola x non biola, walapun persentasinya lumayan kecil.


sumber :
https://www.facebook.com/groups/301695919994311/permalink/343631315800771/
ADSENSE HERE!

No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Copyright © Lovebird lover Indonesia. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design