pecinta burung lovebird Indonesia

Tips Menangani Telur Lovebird Gagal Menetas

Edisi mejeng sambil berbagi pengalaman aja. untuk para Lovebird Lover kadang kita sering dibuat bingung ketika telur lovebird gagal menetas, padahal indukan sudah postiv jantan dan betina bahkan sudah terpantau kawin dengan baik, embrio pun sebagian terlihat isi. lantas apa penyebabnya??

Faktor faktor, tips dan penanganan jika telur gagal menetas sudah berbentuk embrio sempurna bukan busuk/kopyor/cingcalang.

keluarga aneh nan bahagia,13 kali produksi 99% anak ny pasti keluar Albino MM (Mata Merah), peluang hidup besar jika telur menetas ke 1-2/3 , peluang hidup kecil jika menetas di telur k 4-5/6, menetas hidup umur 4-6 hari mati karna seleksi alam karna kalah saingan sama kakak kakak nyatau tidak di HF (Hand Fidding) loloh tangan, kadang telur isi beberapa hari menetas namun embrio mati di dalam cangkang sudah berbentuk sempurna atau gagal menetas bukan kopyor/cingcalang/busuk.
telur lovebird
Ada beberapa faktor telur gagal menetas padahal beberapa hari lagi menetas sempurna di antara nya :
  1. faktor cuaca yg tdak menentu atau suhu ruangan yang kurang pas.
  2. faktor bulu jika pada saat pengeraman bulu ambrol atau mabung akan menghambat masa pengeraman karna suhu pengeraman akan berkurang.
  3. faktor ke gemukan atau berlemak akan mempengaruhi juga dalam masa pengeraman faktor ini terjadi karna indukan terus menerus produksi tanpa istirahat.
  4. faktor faktor yang lain karna ada ganggun baik dari dalam atau dari luar, misal nya dari dalam hal ini di koloni,ada tetangga nya yang sering mengusik atau mungkin ada tikus yang masuk ke dalam dan mengganggu, yang dari luar gangguan dari si pemilik karna sering d lihat atai gangguan gangguan yang lain nya, semua nya kembali ke karakter si Lovebird tersebut.
tips dari saya supaya telur normal dan menetas pada waktu nya jika terjadi seperti hal tersebut, jangan terlalu memaksakan indukan LB untuk ber produksi terus menerus, usahakan beri waktu istirahat setelah beberapa x berproduksi 3 - 4 kali produksi, minimal waktu istirahat 2 - 3 minggu lebih bagus lagi 1 blan. dan jgn lupa asupan nutrisi atau EF (egg food) pada saat masa masa mau bertelur atau pada saat terjadi perkawinan.

sekian pengalaman dari saya semoga bermanfaat untuk rekan rekan baraya KOPLOBA/KM sekalian.



sumber :
https://www.facebook.com/notes/koplobakomunitas-pecinta-lovebird-bandung/faktor2tips-dan-penanganan-jika-telur-gagal-tetas-sudah-berbentuk-embrio-sempurn/607036859391071
ADSENSE HERE!

No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Copyright © Lovebird lover Indonesia. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design