pecinta burung lovebird Indonesia

Kemana Piyik Lovebird yang Hilang ???

TUMBUH KEMBANG PIYIK : Kemana Piyik Lovebird yang Hilang ???
(BAGIAN 4)

Dalam mengurus piyik lovebird kadang kita dihadapkan dengan berbagai macam masalah mulai dari menghadapi indukan yang tidak mau mengurus anakan sehingga berakhir kita harus melakukan handfeed sampai penyakit penyakit yang sering menghinggapi piyik lovebird kita.

Saat telur mulai menetas kita selaku peternak pasti akan sangat merasa senang tapi terkadang beberapa hari kemudian piyik tiba tiba menghilang tanpa sebab yang jelas?? ada beberapa orang yang mengatakan jika piyik yang hilang itu telah dimakan oleh induk nya untuk mengembalikan stamina yang hilang selama proses pengeraman. apakah benar demikian?? bukankah lovebird itu burung pemakan biji ?? kok bisa jadi kanibal ?? untuk alasan yang lebih rasional tentang kemana piyik lovebird tersebut hilang, mari kita simak bersama.
piyik lovebird
Untuk Anda yang masih ngotot ada induk kanibal yang memakan habis anaknya, mari kita telaah mekanismenya, mengapa sampai piyik bisa hilang.

Ketika piyik mati, apapun sebabnya, entah itu karena malnutrisi atau yang lain, si induk langsung berusaha meratakan anaknya. Dia hancurkan sebagian, agar cairan dan sebagian dagingnya cepat mengering, menyatu dengan bahan sarang seperti keripik.

Kok kejam? Sudah mati malah diacak-acak juga.
Karena induknya PINTAR! Kalau bangkai didiamkan, maka akan membusuk dan mengundang bakteri, jamur, dan pengganggu lainnya sehingga bisa mengancam kesehatan piyik yang lainnya.
Nah beda cerita kalau merada terganggu, induknya terancam dan secara naluriah anaknya ada yang dibunuh. Itu betul ada, memang. TAPI bukan berarti dia makan dan dilahap semua.
Itu cuma insting alamiah induk binatang, daripada anaknya diambil predator, dia terpaksa membunuh anaknya sendiri.

Jadi sebetulnya induknya yang pintar, atau kita sendiri yang sok pintar??
Yang masih ngotot anaknya dimakan utk konsumsi, coba piyiknya taruh di tempat pakan. Saksikan sebuas apa dia makan anaknya.

II   Bagian 1   II   Bagian 2  II   Bagian 3   II




sumber : Grup Facebook Lovebird Lover Indonesia
https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1487722448143492&set=gm.360491257448110&type=1
ADSENSE HERE!

No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Copyright © Lovebird lover Indonesia. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design