pecinta burung lovebird Indonesia

LIST MUTASI GRUP LOVEBIRD EYERING BESERTA SIFAT PEWARISANNYA

Popularitas lovebird terus menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini bukan hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga sebagian besar negara di dunia. Makin moncernya lovebird, selain burungnya memang cantik, juga karena ragam warna yang sangat luas akibat perencanaan genetika melalui mutasi warna. Karena itu, jika Anda bisa merencanakan anakan dengan warna tertentu, makin laris produk breeding Anda, meski mau tak mau harus memahami mutasi warna pada lovebird.

Mutasi berasal dari kata mutatus yang berarti perubahan. Mutasi bisa diartikan sebagai perubahan materi genetik (DNA) yang dapat diwariskan secara genetis kepada keturunannya. Makhluk hidup yang mengalami mutasi  disebut mutan.
List Mutasi Lovebird Klep Beserta sifat pewarisannya
Mutasi dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan variasi genetik, sehingga bisa diperoleh organisme yang unggul. Dalam konteks lovebird, mutasi khususnya mutasi warna sangat penting untuk menghasilkan puluhan varian warna baru, sebagaimana dijumpai saat ini.

Ruang untuk mencetak varian warna baru pada lovebird paling luas dibandingkan dengan jenis burung lainnya. Sebab ketika semua hasil mutasi warna lovebird disilangkan satu sama lain, termasuk dengan spesies asli seperti lovebird muka salem, maka dapat dihasilkan sekitar 100.000 varian baru dengan kombinasi warna tertentu. Inilah yang akan membuat lovebird akan tetap disukai para penggemarnya. Siapa tahu, kelak Anda akan menghasilkan lovebird dengan kombinasi warna baru yang belum pernah ada sebelumnya.
Berikut List Mutasi Lovebird Klep Beserta sifat pewarisannya :

Blue - Resesif & Multiallel dgn Parblue
Aqua/Turquoise/Parblue - Resesif & Multiallel dgn Biru
Ino - Resesif & Multiallel dgn Pastel, DEC, dan Bronze Fallow.
DEC - Resesif & Multiallel dgn Ino, Pastel, dan Bronze Fallow.
Pastel - Resesif & Multiallel dgn Ino, DEC, dan Bronze Fallow.
Bronze Fallow - Resesif & Multiallel dgn Ino, DEC, dan Pastel.
Dilute - Resesif
Pale Fallow - Resesif
Dun Fallow - Resesif
Dark Factor - Parsial Dominan
Dom Edge - Parsial Dominan
Dom Pied - Dominan
Recessive Pied - Resesif
Violet Factor - Parsial Dominan
Slaty - Dominan
Misty - Parsial Dominan
Euwing - Parsial Dominan
Opaline/Biola - Resesif Sex Linked (Terkait Seks)
Faded/Pallid - Resesif

Untuk Progressive Pied, HS, Multicolor, dan Crested tidak termasuk ke dalam mutasi karena sifatnya random dan tidak diwariskan.
Untuk definisi dan mekanisme dari Dominan, Resesif, dan SL sendiri bisa Anda baca artikel yang lain tentang "Metode Pewarisan Sifat".


No comments:

Post a Comment

Copyright © Lovebird lover Indonesia . All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design