pecinta burung lovebird Indonesia

Persiapan Pemula Untuk Beternak Lovebird

Persyaratan Pertama:
Beli lah lovebird sepasang dan usahakan berusia 1 thn ke atas

SARANG
Lovebirds membutuhkan kotak sarang untuk bertelur. Ukuran yang tepat untuk Lovebird adalah sekitar 12" x 12" x 12", dengan lubang masuk berdiameter 3 inci. Bahan untuk sarang bisa menggunakan serutan kayu,rumput kering,kulit jagung,daun pinus dan juga anda bisa memasukan kayu albasiah sebagai bahan alami yang akan mereka gigit dan gunakan untuk sarang.
glodog lovebird
PAKAN :
Lovebirds harus diberi makan makanan yang bervariasi yang terdiri dari Milet, Cannari seed,Kwaci ,buah-buahan dan sayuran segar. Siapkan suplemen kalsium yang di jual di pasar burung untuk memenuhi nutrisi lovebird selama bertelur.
pakan lovebird
PROSES BERTELUR :
Lovebirds betina akan bertelur antara 5 - 12 hari setelah kawin. Lovebird bertelur biasanya 3 dan 7 butir telur.

MASA INKUBASI :
Rata-rata Lovebirds menetaskan telur mereka selama sekitar 23 hari,Hal ini dapat bervariasi bisa kurang atau lebih. Ketika mencoba untuk menghitung tanggal menetas ,pastikan anda menghitung dari pertama anda melihat dia bertelur. Jika ingin memasangkan ring pribadi pada anakan lovebird usahakan pada usia 1-2 minggu,sekedar saran jng memasang ring pada usia terlalu dini karena selain ring akan mudah lepas ,anakan lovebird bisa cacat.
lovebird bertelur

PENYAPIHAN :
Biasanya jika penyapihan dilakukan secara normal oleh induk nya kurang lebih pada saat anak lovebird berusia 2-3 bulan,dan itu sangat tidak efektif untuk peternak,karena peternak membutuhkan indukan untuk bertelur kembali secepatnya, Kebanyakan peternak lovebird melakukan handfeeding ( meloloh dengan tangan ) pada anakan lovebird usia 2 atau 3 minggu sampai mereka berusia antara 2-3 bulan, pakan untuk handfeeding ( meloloh dengan tangan ) biasanya tersedia di toko burung ,dan ketika Anda mulai menyapih mereka siapkan millet, dan buah-buahan dan sayuran segar untuk mendidik mereka agar cepat belajar makan biji bijin dengan sendiri nya.
piyik lovebird
Note : Mohon maaf jika ada yg tidak sependapat dengan artikel ini , ini semata mata hanya untuk membantu para pemula yang akan belajar beternak lovebird.


sumber :
https://www.facebook.com/notes/kli-paris-van-java-komunitas-love-bird-indonesia-bandung-/persiapan-pemula-untuk-beternak-lovebird/1516135195319958

No comments:

Post a Comment

Copyright © Lovebird lover Indonesia . All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design