pecinta burung lovebird Indonesia

Burung split pada Fischeri Opaline (Biola)

Dengan ramainya penggemar Fischeri Opaline (Biola) maka semakin ramai topik “Burung split” menjadi topic pembicaraan akhir akhir ini. Tetapi rupanya banyak juga rekan rekan senior yang belum paham benar soal burung split, meskipun penggunaan burung split itu merupakan ilmu dasar dari beternak Lovebird
split biola
Split di-symbolkan dengan tanda “/”
Contoh: Hijau split Biru bisa dituliskan Hijau/Biru.
Burung split tidak bisa dibedakan dengan burung normal, secara visual bentuk fisik, warna & kondisi nya sama dengan burung2 normal. Hanya secara genetik, burung split membawa genetik mutasi lainnya.

Untuk pemanasan saya akan coba memberikan contoh dari mutasi lovebird yang sudah umum, yaitu Dominant Pied (Blorok). Dengan berawal dari Green Dominant Pied  kita ingin mencetak Blue Dominant Pied. Maka kita memerlukan burung Blue sebagai bahan untuk dicampurkan dengan Green Dominant Pied.

Level 1: Green Dominant Pied (SF) dikawinkan dengan Blue, menghasilkan anakan yang berwarna Green split Blue dan juga Green Dominant Pied split Blue (Level 2). Setelah anakannya menjadi dewasa (usia 1 tahun) siap dikawinkan, maka Green Dominant Pied split Blue dikawinkan dengan Blue akan menghasilkan anakan Blue Dominant Pied (Level 3). Berarti secara total kita membutuhkan waktu 2 generasi (A+B) untuk menciptakan Blue Dominant Pied.
Burung split pada Fischeri Opaline (Biola)

Bagaimana dengan Fischeri Opaline (Biola)?

Karena Fischeri Opaline adalah SexLinked maka lebih rumit proses ternaknya dibandingkan dengan Lovebird kaca mata pada umumnya. Prinsipnya pembentukan burung split pada Fischeri Opaline sama saja dengan Fischeri Dominant Pied seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

Saya coba jelaskan satu per satu, semoga dapat dipahami:
1.0  berarti Jantan. Posisi burung Jantan selalu dituliskan di awal sebuah rumus perkawinan
0.1  berarti Betina. Posisi burung Betina selalu dituliskan setelah posisi Jantan
Burung split pada Fischeri Opaline (Biola)

Level 1: 1.0 Fischeri Opaline Green x 0.1 Fischeri Blue (rumus ini mempunyai arti Jantan Fischeri Opaline Green dikawinkan dengan Betina Fischeri Biru)
Karena Fischeri Opaline adalah SexLink (SL) maka proses A akan menghasilkan burung di Level 2, yaitu: 50% 1.0 Fischeri Green split Opaline Blue & 50% 0.1 Fischeri Opaline Green split Blue.

Bagaimana penulisan yang benar, apakah 1.0 Fischeri Green split Opaline Blue ATAU 1.0 Fischeri Green split Opaline split Blue?
Penulisan KEDUA nya benar, karena split lebih dari pada satu (double split, triple split dll) bisa disingkat dituliskan cukup satu kali saja. Penamaan keduanya itu adalah membicarakan burung yang sama!

Saya sudah konfirmasikan dengan teman saya di Belgia, ahli genetic Dirk Van den Abeele dan beliau menjawab dengan mantap “YES” 

TERJEMAHAN secara ringkas:
Saya mengirimkan email dengan sebuah kasus, apabila saya mengawinkan Fischeri Opaline Hijau Jantan dengan Fischeri Biru Betina akan menghasilkan: anakan jantan Fischeri Hijau split Opaline Biru dan anakan betina Fischeri Opaline Hijau split Biru.

Pertanyaannya: Apakah Fischeri Hijau split Opaline Biru itu mempunyai arti yang sama dengan Fischeri Hijau split Opaline split biru?
Jawabannya: YES
Jadi gak perlu didiskusikan lagi soal penulisan ini. Silakan disanggah kalau Anda merasa lebih pintar dari Dirk Van den Abeele :D

Beberapa orang yang tidak paham akan penulisan yang benar dan berusaha mengartikan sendiri akan tulisan tersebut dan membuat suasana semakin gaduh. Mereka mengartikan 1.0 Fischeri Green split Opaline Blue itu adalah split dari Opaline Blue.

Halooo….. bangun-bangun! Jangan mimpi di siang hari, Kalau seseorang sudah punya Opaline Blue, ngapain seseorang tersebut mengawinkan Opaline Blue nya dengan Hijau standart (Proses C) agar menghasilkan Hijau split Opaline Blue yang harganya lebih murah???
Ilustrasinya begini:
Burung split pada Fischeri Opaline (Biola)

Proses yang wajar adalah dimulai dari Level 1 selama proses A kemudian menjadi Level 2 selama proses B menjadi Level 3. Karena SEMUA mutasi Lovebird diawali dengan warna HIJAU, kemudian dikembangkan ke warna2 yang lainnya, bukan kebalikannya (C+D)!!!

Kalau Anda melihat ilustrasi yang saya buat di atas, maka proses A menghasilkan burung split dan proses C menghasilkan juga burung split.

Proses A: 1.0 Fischeri Opaline Green x 0.1 Fischeri Blue
Anakan Proses A: 50% 1.0 Fischeri Green split Opaline Blue & 50% 0.1 Fischeri Opaline Green split Blue
Proses C: 1.0 Fischeri Opaline Blue x 0.1 Fischeri Green
Anakan Proses C: 50% 1.0 Fischeri Green split Opaline Blue & 50% 0.1 Fischeri Opaline Green split Blue

Apakah anakan dari Proses A dan Proses C adalah burung split tersebut sama???
Maka jawabannya adalah: BENAR2 SAMA, baik anakan Jantan maupun Betina dari proses A maupun proses C mereka semua memiliki sifat genetic mutasi yang sama.

Meskipun Beliau dalam masa liburan masih menyempatkan diri membalas email saya. Itu jawaban Dirk, YES. Singkat, Padat, Jelas. Silakan disanggah kalau Anda merasa lebih pintar dari Dirk Van den Abeele :D

Bagaimana harga seekor Burung split?
Ada aturan tidak tertulis di pasar Lovebird Eropa:

  • Burung Level 1 adalah burung paling murah dikarenakan membutuhkan 2 generasi (A+B) untuk menjadi Burung Level 3
  • Burung Level 2 harganya lebih mahal daripada Burung Level 1, karena Burung Level 2 hanya membutuhkan 1 generasi lagi untuk menjadi Burung Level 3
  • Tetapi Burung Level 2 tetap lebih murah daripada Burung Level 3. Biasanya Burung Level 2 seharga 50% dari harga burung di Level 3 pada mutasi2 terbaru
  • Jadi kalau Level 3 seharga 20 juta maka biasanya Burung Level 2 akan berharga 10 juta dan Burung Level 1 di bawah 10 juta
Sedangkan di Indonesia burung split mulai banyak dicari terutama pada mutasi mutasi yang masih jarang, seperti: Fischeri Opaline Blue, Fischeri Opaline Lutino, Fischeri Pale Fallow

Keuntungan Burung split?

  • Dapat mempersingkat proses di dalam mencetak Burung Level 3 karena hanya membutuhkan 1 generasi saja
  • Harga lebih murah dibandingkan Burung Level 3
Kerugiannya Burung split?

  • Harganya tinggi tetapi bentuk fisiknya tidak sesuai dengan harga yang dibayarkan. Contoh: Hijau split Opaline Blue (bentuk fisik seperti Hijau Standart) harga 10 juta, apakah anda berani membayar 10 juta hanya untuk mendapatkan seekor Hijau standart? :D  
  • Banyak disalahgunakan oleh para pihak yang tidak bertanggung jawab hanya sekedar mengeruk keuntungan. Ngakunya split padahal tidak split
Seperti yang sudah saya pelajari dari peternak peternak Eropa, bahwa transaksi Burung split itu adalah transaksi kepercayaan! Artinya: kalau Anda percaya dengan penjual/peternak tersebut maka silakan dibeli burung split nya, kalau Anda ada sedikit keraguan maka segera lupakan transaksi tersebut.

Penjelasan tulisan ini sudah saya sederhanakan. Proses pembentukan mutasi mutasi Fischeri Opaline sebenarnya lebih rumit & sulit untuk dijelaskan melalui tulisan. Silakan terus dicoba…. Good Luck!
Thanks, semoga bermanfaat
KimmiG House
Maret 2016


sumber : KLI

No comments:

Post a Comment

Copyright © Lovebird lover Indonesia . All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design