pecinta burung lovebird Indonesia

Membuat Eggfood Sendiri

Setiap hari Lovebird kita diberi pakan biji-bijian, dan sayur ataupun buah Cukupkah bila seperti itu saja? Jawabannya ya, sudah cukup untuk bisa bertahan hidup.
Tetapi, bolehkah apabila diberikan makanan tambahan?
Tentu sangat dianjurkan, terutama jenis makanan yang memiliki nutrisi lebih daripada makanan pokok Si Burung itu sendiri, yakni egg food

Extra Fooding (EF) adalah makanan ekstra (tambah) yang kita berikan ke burung. Manfaat Extra Fooding sangat banyak, selain menjaga asupan gizi agar tidak mudah sakit, Extra Fooding juga diperlukan untuk menjaga perfomance burung.
Pemberian Extra Fooding harus pas, tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih karena bisa membuat burung drop atau over birahi.

Eggfood merupakan makanan tambahan untuk burung (biasanya keluarga Finch dan Parrot ukuran kecil) yang memiliki kandungan protein tinggi, karena mayoritas burung pemakan biji tidak mendapatkan asupan protein yang cukup bila hanya memakan bijian saja.
membuat eggfood sendiri
Eggfood sebenarnya sudah banyak tersedia di toko toko burung, tapi jika kita malas untuk membeli dan lebih suka ber eksperimen tidak ada salahnya untuk membuat eggfood dengan pakan racikan sendiri. adapun bahan dan cara pembuatannya adalah sebagai berikut

Bahan bahan :
  • 2 telur rebus
  • 1 buah wortel segar
  • 100 gram tepung roti
  • 100 gram bubur loloh (boleh merk apa saja)
  • 10 butir minyak ikan
  • 2 - 3 gram vitamin bubuk (boleh merk apa saja)
  • tulang sotong secukupnya
langkah pertama adalah parut atau hancurkan telur rebus dan wortel lalu campur semua bahan yang ada, eggfood pun sudah siap untuk digunakan. cangkang telur pun sebenarnya bisa digunakan untuk campuran racikan eggfood karena cangkang telur memiliki kalsium yang dibutuhkan oleh lovebird.

untuk menyimpan jangka panjang, masukan dalam wadah kedap udara dan simpan dalam lemari es.
eggfood digunakan sebagai extra fooding pengganti kangkung dan jagung

Catatan : eggfood harus dalam kondisi kering. bila masih terasa basah bisa ditambahkan bubur loloh atau tepung roti agar kering.

2 comments:

Copyright © Lovebird lover Indonesia . All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design