pecinta burung lovebird Indonesia

Pemberian Grit untuk Burung Lovebird

Grit adalah makanan penunjang yang sangat di butuhkan untuk burung-burung pemakan bijian (fringilidae) seperti burung Kenari, Love Bird, Blackthroat, Herda sanger, Mozambic, Siskin,Gold finch, Branjangan, Pakling, Perkutut dan banyak lagi burung-burung pemakan bijian lainnya. Untuk kebutuhan grit ini, di negara kita banyak penghoby yang menggunakan tulang sotong sebagai bahan grit untuk memenuhi kebutuhan burung-burung mereka.
grit lovebird
Grit mengandung kalsium karbonat, sodium klorida, kalsium fosfat dan garam magnesium. Di Inggris dan negara-negara Eropa lainnya, para penggemar burung kenari dan burung pemakan bijian lainnya tidak memberikan tulang sotong secara utuh kepada burung kenari, akan tetapi mereka menumbuknya terlebih dahulu sehingga menjadi tepung yang lembut atau memecahnya hingga seukuran pasir dan menambahkan bahan-bahan lainnya serta vitamin-vitamin yang di butuhkan burung-burung pemakan bijian menaburkannya di dasar sangkar di sebelah telur waktu burung dijodohkan. Burung betina akan turun dan memakannya begitu melihat mereka menaburkannya.

Grit akan dilarutkan oleh asam lambung dan kemudian masuk ke dalam system pencernaan di mana kalsium dan garam magnesium diserap diserap aliran darah. Ketika burung betina hampir bertelur, kalsium dikeluarkan dari aliran darah ke saluran telur sebagai pelindung telur yang masih lunak. Dianjurkan pula untuk meneruskan pemberian grit ini selama masa pengeraman karena secara logika burung betina membutuhkan untuk melengkapi kembali kebutuhan untuk tulang dan darah setelah bertelur.

Manfaat Grit untuk burung pemakan biji adalah :

  1.  Memperbaiki produksi dan mutu telur
  2.  Membantu daya tetes telur
  3.  Membantu pertumbuhan tulang dan bulu normal
  4.  Mencegah penyakit dan menyembuhkan penyakit yang di sebabkan karena kekurangan mineral seperti :
  • kaki lumpuh
  • kaki bengkok
  • kurang darah
  • masalah indukan memakan telornya sendiri
  • sangat membantu proses breeding apalagi ruangan yang tidak kena sinar matahari langsung.
  • dll
untuk tempat grit di dalam kandang posisikan pemakaian tempat beda cepuk simpan di deket pakan racikan atau pakan harian.

Sangat cocok untuk indukan yang sedang meloloh, kawin kawin atau anakan yang sudah makan biji. Karena pertumbuhan tulang yang bagus bikin anakan Body nya gede.

No comments:

Post a Comment

Copyright © Lovebird lover Indonesia . All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design