pecinta burung lovebird Indonesia

Racikan Pakan untuk Lovebird

Perlukah memberi pakan bijian mix dan campuran lainnya untuk lovebird ??

Banyak Breeder tanah air yang hanya memberikan milet putih saja untuk Lovebird peliharaannya. apakah itu salah ?? sebenarnya tidak juga, toh burung mereka masih tetap hidup sampai sekarang bahkan produksinya pun lancar. tapi sebagai Breeder yang baik kita pun harus memberikan asupan nutrisi yang baik dan juga bijian mix untuk burung kesayangan. toh kita juga akan bosan ketika setiap hari hanya makan nasi saja tanpa lauk yang lain,, hehehe

Pemberian pakan racikan untuk lovebird sangatlah penting terutama dalam posisi penjodohan dan siap kawin harus bernutrisi tinggi tapi tetap dalam kondisi mencegah burung lovebird berlemak, karena jika lovebird sampai berlemak dapat menghambat dalam proses breeding. selain itu pakan racikan ini juga cocok untuk posisi burung yang sedang ngeloloh anak.
pakan racikan lovebird
Adapun pakan racikan yang saya pakai komposisinya adalah sebagai berikut :
  • 7 kg Milet Putih
  • 1/2 kg milet merah 
  • 1/2 kg kunyit / jemawut (bukan bumbu masak)
  • 1 kg gabah Bangkok
  • 1 kg beras merah
  • 2 kg canary sheed
  • 2 kg kwaci Hitam
  • 1/2 ons pumayin (wajib)
Disamping pakan racikan diatas, biasakan indukan itu doyan sayur dan haver biasanya kalau saat meloloh anakan / piyik menjadi cepat besar. Timbul masalah om burung saya ga suka haver : akalin coba sehari kasih makan haver aja, nanti lama lama biasa kasarnya kalau lapar ga ada steak , makan sama ikan teri aja mau daripada mati kelaparan. Pakan racikan ini dapat dipakai dalam segala kondisi ( usia anakan, pas kawin kawin, pas lagi angkrem bahkan indukan lagi ngeloloh)

Untuk pakan tambahannya bisa diberikan eegfood dan grit (kalsium)

racikan pakan lovebird

Ingat, pakan racikan, haver, sayuran, eegfood dan grit disimpan diwadah yang berbeda jangan sampai dicampur aduk. karena sayuran dan eggfood lebih cepat busuk dibanding pakan yang lain.

Salam Breeding Lovebird Lover

No comments:

Post a Comment

Copyright © Lovebird lover Indonesia . All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design