pecinta burung lovebird Indonesia

Mengenal Ciri Fisik Burung Split Opaline

Biola, salah satu varian pada jenis Fischeri ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Selain warnanya hijaunya yang boleh dibilang "khas Opaline" kalau menurut Saya, karena tidak sama dengan warna hijau varian lainnya, warna merah pada bagian kepala dan leher-pun sangat kontras, yakni merah menyala.

Dengan ramainya penggemar Fischeri Opaline (Biola) maka semakin ramai topik “Burung split” menjadi topic pembicaraan akhir akhir ini. Tetapi rupanya banyak juga rekan rekan senior yang belum paham benar soal burung split, meskipun penggunaan burung split itu merupakan ilmu dasar dari beternak Lovebird

Split di-symbolkan dengan tanda “/”
Contoh: Hijau split Biru bisa dituliskan Hijau/Biru.
Burung split tidak bisa dibedakan dengan burung normal, secara visual bentuk fisik, warna & kondisi nya sama dengan burung2 normal. Hanya secara genetik, burung split membawa genetik mutasi lainnya.

Namun apakah burung split opaline bisa terlihat dari segi fisik?? sebenarnya sangat sulit membedakan burung split dari segi fisiknya, tapi ternyata ada metode untuk mengenalinya.

Berikut ini saya jelaskan kembali lewat gambar yang lebih detail. Jika anda menemukan hal yang berbeda dari penjelasan pada gambar ini, mohon koreksinya. Ingat, ini hanya berlaku untuk mutasi opaline.
Mengenal Ciri Fisik Burung Split Opaline
Karena mutasi biola bersifat sex linked maka anakan yang berfisik hijau standart pun banyak dicari karena memiliki split biola walaupun hanya berlaku untuk anakan jantan saja. untuk para breeder yang bermodal kecil banyak pula yang mencoba mengawinkan hijau standart split biola ini dengan burung non biola, jika jackpot maka akan mendapatkan anakan biola dari indukan paket hemat split biola x non biola, walapun persentasinya lumayan kecil.

Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin berinvestasi split opaline. Dan semoga hari ini tidak menjadi hari cabut bulu nasional. 😃

Seperti yang sudah saya pelajari dari peternak peternak Eropa, bahwa transaksi Burung split itu adalah transaksi kepercayaan! Artinya: kalau Anda percaya dengan penjual/peternak tersebut maka silakan dibeli burung split nya, kalau Anda ada sedikit keraguan maka segera lupakan transaksi tersebut.

Happy breeding dan salam
Ben KLI


Sumber : Grup Facebook  Komunitas Lovebird Indonesia

4 comments:

  1. Dari mana asal lovebird biola

    ReplyDelete
  2. Coba diberikan ilmu rumusnya om supaya Lb murah juga bisa banyak fariasi warna hasil Silangan..😍😍😍

    ReplyDelete

Copyright © Lovebird lover Indonesia . All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design