pecinta burung lovebird Indonesia

Cara Ampuh Membersihkan Glodok Lovebird Agar Rajin Bertelur

Cara Ampuh Membersihkan Glodok Lovebird Agar Rajin Bertelur
Bagaimana Cara Ampuh Membersihkan Glodok Lovebird Agar Rajin Bertelur ??

Beberapa timbul pertanyaan :
  1. Mas setelah panen anakan glodok saya cuci tp indukan macet boro boro kawin masuk glodok aja ga mau??? 
  2. Mas kaki burung saya terlilit bahan sarang dr kulit jagung!!!
  3. Mas tipe dan bahan glodok apa yang bagus ???
  4. Akibat ganti glodok apa om???
Ok kita bahas perhatikan indukan nonklep saya (apalah bahasa gaulnamah pokona eta manuk nonklep we) di gambar 1 indukan nonklep lg ngeloloh anak 4 ekor, jelas isi glodok kotor sama kotoran dr 4 ekor anakan LB semakin banyak anak semakin kotor lah tuh glodok makana di usahakan glosok harus tetep kering supaya piyik ga mati kedinginan sebelumnya udah saya jelasin kayu balok jenis albasiah itu penting.
cara meloloh lovebird non klep
Singkat cerita kita panen anakan, yang saya lakukan membuang bagian lapisan bahan sarang yang penuh kotoran, bagian sarang bawah di ambil semua terus diayak pake tangan manual supaya klo ada kutu bisa kebuang, nah bahan sarang lama di masukin terus di kasih serbuk kayu sedikit saja, terakhir di lapisan paling atas di kasih serutan kayu yg udah jual di pasaran kloga salah 5000!!!
bahan sarang untuk ternak lovebird
Timbulah pro kontra mas saya pake serutan jagung aman aman aja kaki tidak kelilit, mas saya pake daun pinus juga aman ko panen rutin. Itu terserah burung burung sampean mungkin udah kebiasaan dr awal ternak dan sesuai pendapat yang di anjurkan seniornya yang pertama kali dya tanya.
  1. Berapa kali glodok di cuci bersih? Jawaban maksimal setelah 3x panen anakan catatan bahan sarang jangab di buang semua. 
  2. Bahan sarang yang saya gunakan begitu mengawali ternak lapisan paling bawah pake serbuk kayu lapisan paling atas pake serutan kayu. 
  3. Bahan glodok usahakan kayu jati, tipe glodok semakin luas volumenya semakin bagus apalagi klo buat indukan yang biasa ngurus anak banyak. Semakin sempit velome glodok resiko kematian piyik lebih tinggi karena anakan bisa keinjak, ga kebagian makanan dll. 
  4. Akibat ganti glodok biasanya produksi jd lama lagi itu sebabnya kanapa orang jual indukan selalu sama glodok bawaannya itu tujuannya supaya indukan cepet produksi lagi.
Supaya ada komunikasi 2 arah dipersilahkan bertanya di kolom komentar, sharing pengalaman, mudah2an saya nemu ilmu baru, karena janji Allah ketika kita mengamalkan ilmu yang kita punya allah akan menambahkan ilmu kita juga.

Semua Artikel yang saya share di KLI PVJ boleh di bagikan di Group lain.

Penulis : Junot LB
Salam Guyub Rukun
KLI PVJ Bandung.

Motivasi dari Junot LB untuk Para Peternak Lovebird

Motivasi dari Junot LB untuk Para Peternak Lovebird
BUAT PEMULA YANG BELUM BACA MUDAH-MUDAHAN LEBIH SEMANGAT LAGI !!!
(Buat yang udah baca abaikan saja)
Motivasi dari Junot LB untuk Para Peternak Lovebird
Cuma sedikit ocehan seorang pemula :
Sebelum Nikah, Dulu seneng banget sama burung OCEHAN,
Karena kesibukan, senin - jumat kerja, sabtu minggu motret ga ada waktu buat pacaran saya memutuskan nikah sama istri yang beda 5 Tahun, karena saya pengen cepet dapat momongan salasatu syaratnya sebelum nikah burung ocehan saya jual rugi semuanya.
tepatnya 21 agustus 2013 anak pertama saya lahir, ( gue pikir ah udah punya bayi ini umur 3 bulan - gue nakal curi-curi maen burung)
cuma burung apa masih bingung. ketemu teman kerja di wedding kang Bagus Purnomo ngajakin maen lovebird, aku tanya brapa sepasang siapan ijo x biru 1750, hambatan mulai datang, kesel ga nelor2, beli lutino snot semua, saya beli ijo x ijo bawa anak 1 dengan bandrol 3,5 jt

Awal tahun 2014 saya maen ke dedengkot nya lovebirds bandung ko Harvey Barki, Memanfaatkan keahlian moto, saya mulai moto moto LB dan ternyata hasilnya bagus – bagus, saya ngambil burung dan saya jual dengan rate keuntungan 100 sampe 500rb/ekor. Disini saya menikmati profesi saya sebagai pengepul manuk kelas TERI JABRIG, meskipun jujur saya ngutang ga bayar kes, begitu laku saya bayar.
Jujur beliau (ko Harvey) adalah kunci keberhasilan saya maen lovebird karena dari beliau saya mendapatkan kesempatan, menjadi penjual yang baik dan jujur, yang tau saya (junot lb) dr zaman culun maen LB – Setiap saya iklan beberapa detik status SOLD OUT.

Ada Beberapa Pelajaran yang saya ambil dr beliau ko harvey :

  1. Transaksi jujur dimanapun dan dengan siapapun
  2. Burung Murah maen nya kuantitas,
  3. Jual anakan beli siapan 
  4. Beli burung hasil burung.
  5. Sebisa mungkin balikin Modal secepat mungkin

Akhir 2014, lama kenal dekat ko Harvey saya yakin klo saya bakalan sukses, toh dya sama makan nasi juga klo beliau bisa kenapa saya ngga. toh ternak LB gitu gitu aja, timbul keberanin, Ngajuin pinjaman ke koperasi 30 juta. Dengan tabungan dan uang pinjaman mulai berburu lovebird, kelas TAHU ( PASKUN – LUTINO ) disini awal kenal pak kumis Martyn Airlangga Soemasandana, ilmu ternaknya saya sedot mulai dr racikan pakan dan vitamin saya ikutin.

SINGKAT CERITA Disitu mulai kerasa panen 1 – 2 ekor, liat istri saya masih cuek cuek aja karena penghasilan dr burung belum seperti skarang puluhan juta tiap bulan saya dapat. klo skarang colek dikit aja langsung telanjang ga perlu rayu rayu. hahahahahhaha
PESAN SAYA :

  1. Klo udah punya hobi ternak lanjut kan ( 99% seseorang sukses Karna dya bekerja mengikuti Hobbinya, secapek apapun pasti seneng ngerjain nya.
  2. Pembeli itu Raja ( Mending Rugi sama 1 pembeli daripada dya kowar kowar di medsos ngejelekin lebel kita.)
  3. jangan harap sukses, klo ga ada keberanian buat bangkrut,
  4. Yang sekarang ternak ijo x ijo gausah minder, jalani aja mungkin Allah ngasih rezekinya lewat josan x josan, klo dipaksa langsung maen Parblue mungkin Allah belum percaya burung jutaan Mati sia-sia atau kabur, contoh lain siapa yang suka merasa kesal klo BAN motor nya kempes atau pecah hayooo??? Klo orang yang menikmati takdir Allah dya selalu berfikir positif mungkin klo ga pecah BAN 5 – 10 menit kemudian kita celaka atau apalah ( intinya semua takdir Tuhan itu baik)
  5. Istilah ternak itu ga ada kata rugi klo kita bisa merawat dengan baik. josan x josan = 6 anak x 150rb = 900 klo ada josan x josan 5 induk : 5 x 900 = 4.5 jt ini side job loh 4.5 jt , ini yang saya maksud maen lovebird murah kuncinya kuantitas.
  6. Pepatah lama ketika kita deket sama tukang jualan parfum kita bakal kebawa wangi jadi Dekati orang – orang yang sukses maen lovebird klo pengen kebawa SUKSES!!! 
  7. Yakin dan Optimis bisa SUKSES
  8. Berani ganti materi yang lebih mahal, Klo udah Jago Ternak Josan x josan jangan takut buat ganti materi ke burung mahal, burung lovebird murah mahal sama aja ko merawatnya, mereka hewan, mereka ga sadar klo dya lebih mahal atau murah, kerjaan dia makan tidur kawin, ngurus anak seperti hewan lain.
  9. Selalu berbuat baik dan selalu berbagi baik harta atau ilmu sekalipun, karna dengan berbagi kita melatih hati kita untuk menjadi seseorang yang kelak jd KAYA RAYA ( gausah nunggu kaya dulu baru bersedekah) 
  10. Jangan Nunggu BIOLA + PARBLUE Murah kalau pingin jual anakan MAHAL
  11. Gausah takut bangkrut nikmatin aja proses nya ( Cerita manis pasti di nanti sama anak - anak kita nanti)
  12. Jangan merasa SUKSES klo belum mensukses kan orang lain, ga perlu takut tersaingi, rezeki udah ada porsinya masing - masing. 
  13. Burung mati, kabur, dicuri orang kita ga boleh marah (sabar), bahkan benda mati sekalipun, contohnya sebuah piring jatuh pecah sama pembantu kita ga boleh marah. Karena allah mentakdirkan usia pakai piring tersebut sampe situ......klo kita selalu berpikir positif insyaAllah hidup akan terasa ringan.
  14. Logikanya 1 kotak pasangan LB josan x josan sebanding dengan kita punya 1 kamar kontrakan. Ambil aja anakan 4 ekor jual 800 rb dengan modal indukan josan x josan yang kita beli paling 1 jt/pasang. Nah lain cerita klo kita bikin kamar kosan 1kamar. Modal beli tanah brapa juta, modal bangun rumah semen pasir dll brapa? Saya yakin lebih dari 50jt/kamar. Sewa kamar kosan taroh standar 500rb - 800rb/bulan belum di potong bayar listrik belum air, belum lagi klo penghuni nunggak bayar. Hahahah jengkel Bukan maen.
  15. JUJUR : dalam pembelian atau penjualan. 
Bukan sombong buat saya jual josan 250 rb buat di jual 5 jt ga sulit, tinggal photo bio jantan x vio fischery selip kan photo josan abal abal pura pura josan split. Tp anda harus dan selalu mencampurkan tangan tuhan yang beli mungkin ga tahu tp ingat tuhan pasti tahu cepet atau lambat siap siap aja HANCUR!!!

"Pebisnis handal keluar modal sedikit mungkin tp mendapatkan keuntungan yang sangat besar "

SALAM SUKSES MUDAH2AN OCEHAN SAYA BISA MENAMBAH ENJOY DAN NAMBAH SEMANGAT ORANG – ORANG YANG PUNYA HOBI TERNAK APAPUN DAN BURUNG APAPUN...... AMIN……

ARTIKEL BOLEH DI SHARE
Salam guyub rukun
KLI PVJ Bandung.
wa : 081802202305

Sharing Peternak Lovebird Bandung

Sharing Peternak Lovebird Bandung
Ingin Ternak LB, Bagaimana Memulainya?
Selepas Beauty Contest Bandung Lautan Api Minggu lalu, beberapa orang inbox dan juga datang langsung ke rumah. Berondongan pertanyaaan datang menyerang tanpa jeda. Pfiuhhh!!!!....
Sharing Peternak Lovebird Bandung
*Gambar milik om Priyajava Jogja
" Om Boleh minta saran nya om
Saya kan pengen nyobain beli biola atau pb om
Kira2 kalau biola bagus nya di pasangin sama apa om
Dan mendingan beli yg udah produksi atau yg siapan om
Sama kalau harga indukan biola atau pb siapan brapa om
Atau mending beli josan seplit g2 om
Bagusan bio x bio
Atau
Bio x vio / pb / ewing om

Pengen coba beli bio tpi masih bingung om jdi enak nya gmn mohon saran nya om"
Seperti diatas contoh pertanyaannya via inbox. Satu sisi saya senang, terbaca semangat sekali keinginannya untuk ternak LB. Sisi lain, mbok ya pake jeda bertanyanya. Biar ga bingung mau jawab yg mana dulu hehehe..
Untuk yg baru memulai ternak LB, sy selalu memberi saran untuk membeli jenis yg paling kita suka. Boleh josan, lutino, parblue, biola, biola biru, biola pb, pf dsbnya. Bebas mana saja. Yang penting kita SUKA.

Kalau suka yg murmer, beli saja yg murah. Itu lebih baik. Karena apa? karena kita dan lingkungan kita perlu adaptasi dgn burungnya. Demikian juga sebaliknya. Dgn resiko plg besar burung mati, jika harga belinya murah, tentu tidak seberapa kerugiannya. Tapi kan murah dan mahal itu relatif ya. Jadi bebas boleh beli burung yg mana saja. Yg penting kita SUKA haha :)
Kalau sudah beli burung, tugas kita berikutnya adalah sering2 nongkrong di depan kandang. Pelajari karakter burungnya. Kalo burungnya goyang ke kiri artinya apa, kl goyang kanan maunya apa, kl mengangguk2an kepala inginnya apa, kalo birahi seperti gimana, kalo kawin pake gaya apa, dsbnya.

Awal2 kita ternak santai aja. Tidak semua hal tentang LB harus kita baca. Nanti pusing, lieur kata orang Sunda. Santai aja, nongkrong depan kandang, makan singkongnya, sruput kopinya....Sambil berjalannya waktu nanti wawasan kita trntang LB pasti akan semakin bertambah.
Target awal kita ternak LB sederhana saja. Burung hidup, bisa bertelor, anaknya menetas dan hidup. Biarkan proses produksi LB berjalan alami. Jgn belajar cara babuan, cara meloloh dstnya. Nanti saja.

Biarkan LB bertelor, mengeram dan tunggu sampai baby lovebird kepalanya muncul di pintu glodok. Menunggu kepala anakan LB muncul di pintu glodok itu bikin gregetan, anakan LB msh malu2 dan takut keluar, sementara kita pgn segera melihat jadi seperti apa anakan LB kita. Lihat gambar ilustrasi.

Demikian saja. Soal split2an nanti saja, itu mainan orang yg jiwa ternaknya sudah merdeka. Skg kita bangun jiwa ternak kita pelan2 dahulu. Selamat memulai ternak lovebird, happy breeding..
*Gambar milik om Priyajava Jogja

Penulis : Yudi Purwanto

Pentingnya Kalsium untuk Lovebird

Pentingnya Kalsium untuk Lovebird
PENTINGNYA KALSIUM UNTUK LOVEBIRD

Ketika Masalah Timbul :
1.     Om indukan saya pas lagi angkrem ko mati?
2.     Burung tiba tiba mati, badan gemuk ga nyilet ko?
3.     Om tadi malam burung sehat sehat ko tiba tiba lumpuh ko kaki jadi bengkok? Jujur saya pernah ngalamin.
4.     Om anakan lb saya kakinya ngangkang!!!
Pentingnya Kalsium untuk Lovebird

Itu semua bisa di sebabkan karena kekurangan kalsium, apalagi klo indukan sehabis bertelor terus angkrem, pembentukan sebuah telur membutuhkan kalsium yang tinggi, selama angkrem indukan menghabiskan waktu di dalam glodok, jelas tidak kena sinar matahari.

Kalsium merupakan mineral yang penting diperlukan oleh tubuh, Kalsium dapat membantu pembentukkan tulang.

Akibat Kekurangan Kalsium
Pentingnya Kalsium untuk Lovebird

1.     Mengalami gangguan jantung
Jantung mempunyai peranan untuk menghantar darah keseluruh badan manakala kalsium juga berfungsi dalam membantu jantung memompa darah keseluruh badan . Selain itu juga kalsium berperanan untuk menjadikan jantung sehat dengan sempurna.

2.     Pembuluh darah tersumbat
Dinding pembuluh darah akan menebal, mengeras, dan kemudian salur darah akan menjadi sempit. Kalsium dapat membantu dalam mengurangi masalah ini.

3.     Daya tahan tubuh badan berkurangan
Hal ini boleh meyebabkan individu mudah terserang penyakit.

Fungsi Grit atau kalsium Diantaranya :
1.     Memperbaiki produksi dan mutu telur (cangkang telur tipis mudah pecah)
2.     Membantu daya tetes telur
3.     Membantu pertumbuhan tulang dan bulu normal
4.     Mencegah penyakit dan menyembuhkan penyakit yang di sebabkan karena kekurangan mineral seperti :
v induk betina mati saat angkrem
v kaki lumpuh
v kaki anakan bengkok
v kurang darah
v indukan memakan telornya sendiri

Untum mengatasi masalah ini sobat breeder bisa menggunakan tulang sorong, grit dan calcilux, om burung saya di kasih tulang sotong dan top grit tapi ga di makan ada solusi kasih calcilux karena calsilux di campur ke air minum.

Postingan boleh di share seperti
Lebih baik mencegah daripada mengobati.
Sesi tanya jawab boleh di kolom komentar Salam Guyub Rukun
KLI PVJ Bandung.
Ilmu saya rendah tapi insyaallah berkah

Penulis : Junot LB
Sumber : Grup FB KLI PVJ

Tips Mencetak Biola Grade A

Tips Mencetak Biola Grade A
Biola, salah satu varian pada jenis Fischeri ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Selain warnanya hijaunya yang boleh dibilang "khas Opaline" kalau menurut Saya, karena tidak sama dengan warna hijau varian lainnya, warna merah pada bagian kepala dan leher-pun sangat kontras, yakni merah menyala.

Entah karena alasan apa lovebird jenis ini lebih familiar dengan istilah Biola. mungkin karena warnanya yang aduhai,, hehehe. tapi memang faktanya saat ini Biola sedang menjadi primadonanya untuk para Lovebird Lover.

Lovebird Biola semakin memperlihatkan pesonanya, semakin banyak pula para breeder yang mencoba peruntukannya dalam budidaya biola, namun tidak semua biola tampak cantik dengan kepala merah pekat dan tembus sampai pangkal ekor. adapula yang warnanya sedikit cemong, maka dikenal lah Biola Grade A, Grade B dan seterusnya. Dengan adanya pembagian grade ini maka otomatis harga biola pun menyesuaikan dengan Grade nya.

Tips cetak anakan Biola Grade A dan Tips memilih bahan indukan biola kualitas TOP :
  1. Kenapa om indukan grade A x grade A ko anaknya cemong? 
  2. Kenapa om indukan cemong x cemong ko anakannya Grade A?
Terkadang anak cemong ketika dewasa jado bersih dibilang grade A pas produksi beranak cemong??? Jangan heran wong pas anak induknya juga cemong!!!

Pas anak grade A pas Dewasa Grade A begitu produksi anaknya Grade A juga ya jangan heran!!!

Gambar 1,2 dan 3 Berikut berdasarkan pengalaman saya, pencetakan anakan biola grade A perhatikan bagian ekor sampe dewasa ekor nya tembus warna merah. Jangan heran Biola Dewasa ga semerah biola pas masih anak
biola grade a
Gambar 4,5 dan 6 Itu indukan aga cemong perhatikan bulu bagian ekornya jauh berbeda dengan biola jantan yang pertama.
biola grade b
Boleh nanya atau sharring monggo di isi di kolom komentar biar rapih.
Postingan boleh di share

Salam Guyub Rukun
KLI PVJ Bandung.
anak biola


Penulis : Junot LB
Sumber : Grup Face Book Komunitas Lovebird Indonesia Paris Van Java

Selamat Atas Terbentuknya Kepengurusan KLI PVJ

Selamat Atas Terbentuknya Kepengurusan KLI PVJ
Selamat dan Sukses atas terbentuknya Kepengurusan Baru KLI PVJ

Semoga dapat menjadi Komunitas yang mengayomi para pecinta lovebird di Bandung dan sekitarnya
struktur kli pvj
ASSALAMUALAIKUM 

Selamat siang berikut saya informasikan Para Pengurus KLI PVJ Bandung, mudah2an setelah saya di tunjuk jd ketua KLI bisa semakin Amanah, semakin baik, saya ucapkan terima kasih banyak buat para senior dan pembina mohon dukunganya supaya KLI PVJ Bandung bisa tetep rame dan solid, di bandung banyak sekali Group di Facebook marilah kita bersatu saling bergenggaman tangan intinya semua KABEH DULUR. saling dukung saling support, KLI PVJ akan segara di adakan : 
  1. REKBER KLI PVJ yang akang di pegang oleh sdr. Martyn Airlangga.
  2. Pendaftaran Anggota KLI PVJ akan di data oleh sdr. Iksan LB 
  3. pebuatan RING KLI D akan di mulai Dari Angka 201 dan seterusnya......
  4. Untuk Proses Masih dalam Tahap Perundingan.
  5. Kita akan selalu adakan KOPDAR KLI dari semua sesepuh Pengurus group LB di Facebook biar semakin kompak dan saling mengenal sesama pengurus 
Hatur Nuhun Salam Guyub Rukun
KLI PVJ Bandung.


Link grup : https://www.facebook.com/groups/1507573709509440

Isi Kandang untuk Ternak Lovebird ala Junot LB

Isi Kandang untuk Ternak Lovebird ala Junot LB
Buat anggota boleh bertanya secara rapih di kolom komentar, insyaallah saya jawab, semua pengurus atau anggota boleh menjawab pertanyaan sekiranya bisa membantu memecahkan masalah, tp punten jawabannya jangan ngasal (jawab serius)
Isi Kandang untuk Ternak Lovebird
Buka bukaan isi kandang junot lb
Kemarin yang tanya lewat washapp dan minta tolong potokan isi kandang ternak saya ok baiklah kita bahas. Saya jelaskan dari urutan No :
  1. Biji haver non kupas ( klo mau kasih kangkung, biji haver lepas dan simpan) pemberian kangkung dan jagung saya 2x seminggu.
  2. Air minum vitamin WP : saya menggunakan vitamin wp pas lagi posisi indukan ngeloloh cm 1x seminggu
  3. Kayu balok albasiah penting sekali untuk menjadi kelembaban di dalam glodok (nanti di gigitin sendiri sama induknya)
  4. Top grit (serbuk mineral) 
Fungsi Grit Diantaranya :
- Memperbaiki produksi dan mutu telur (cangkang telur tipis mudah pecah)
- Membantu daya tetes telur
- Membantu pertumbuhan tulang dan bulu normal
- Mencegah penyakit dan menyembuhkan penyakit yang di sebabkan karena kekurangan mineral seperti : 
  • induk betina mati saat angkrem
  • kaki lumpuh
  • kaki anakan bengkok
  • kurang darah 
  • indukan memakan telornya sendiri
  • dll
5.  Pakan harian atau pakan racikan :
  • 7 kg Milet Putih
  • 1/2 kg milet merah 
  • 1/2 kg kunyit / jemawut (bukan bumbu masak)
  • 1 kg gabah Bangkok
  • 1 kg beras merah
  • 2 kg canary sheed
  • 2 kg kwaci HItam
Tambahan
  • 1/4 Biji sawi
  • 1/4 niger sheed
  • 1/2 ons pumayin (wajib)- 
Biasakan indukan itu doyan sayur dan haver biasanya klo pas ngeloloh anakan cepet gede badannya.
6.  Eggfood
Isi Kandang untuk Ternak Lovebird
Bahan sarang yang saya gunakan adalah serutan kayu
bahan sarang lovebird

INFO PRODUK YANG SAYA JUAL
WA : 0877 3116 2360
PIN BB : DE341427 
( AREA BANDUNG BISA PAKE GOJEK)


disadur dari grup facebook Komunitas Lovebird Indonesia Paris Van Java (KLI PVJ)
https://www.facebook.com/groups/1507573709509440/

Apakah Lactobacillus penting untuk burung ?

Apakah Lactobacillus penting untuk burung ?
Lactobacillus Acidophilus adalah sumber dari hidup yang layak, alami organisme mikro, yang ditemukan dominan dalam sistem pencernaan manusia dan semua hewan berdarah panas. Kondisi stres seperti pendatang baru, molting, peternakan, memberi makan muda, pertumbuhan, persiapan untuk penerbangan, penyakit dan cedera, bersama dengan pakan yang terkontaminasi dan air, makanan memburuk di tanaman, air yang mengandung klor, antijamur dan terapi antibiotik, semua dapat menyebabkan besar ketidakseimbangan berbagai jenis mikro-organisme dalam tanaman dan saluran usus, sehingga burung rentan terhadap masalah pencernaan.
Apakah Lactobacillus penting untuk burung?
Kematian A burung bisa terjadi akibat kegagalan organ, tidak disebabkan oleh ketidakseimbangan mikroba awal, tapi dari invasi sekunder penyakit yang menyebabkan mikro-organisme melalui penghalang usus. Setelah organisme patogen menembus penghalang usus, antijamur atau antibiotik kemungkinan besar kebutuhan untuk memperbaiki kondisi hewan.

Banyak faktor yang mempengaruhi interaksi antara mikro-organisme usus dan tuan rumah mereka. Efek kumulatif dari interaksi ini mengontrol komposisi dan aktivitas metabolik dari usus mikroflora ini. Optimal "keseimbangan" dalam populasi mikroba telah dikaitkan dengan kesehatan yang baik. Ada bukti yang menunjukkan bahwa mikro-organisme tertentu, terutama lactobacilli, bisa membantu menjaga profil mikroba seperti menguntungkan dalam usus baik melalui menjadi bagian dari mikroflora alami atau sebagai suplemen makanan. Sebagai bagian dari flora alami, mereka dapat memberi efek menyehatkan melalui produksi asam antibiotik dan organik, penurunan pH dan oksidasi potensial, antagonisme kompetitif, dan empedu deconjugation. Sebagai suplemen makanan, mereka memiliki dampak positif pada pertumbuhan, fungsional dalam perawatan preventif dan kuratif serta menjadi sumber enzim tertentu yang penting untuk metabolisme beberapa nutrisi.

Ada umumnya ada dua jenis flora mikroba dalam saluran pencernaan. Yang pertama terdiri dari adat menguntungkan mikro-organisme yang telah mencapai hubungan dekat dengan tubuh  melalui periode panjang evolusi. Yang lain terdiri dari mikro-organisme berpotensi patogen.
Peran utama dari mikroflora ini adalah untuk membantu pencernaan makanan. Untuk pencernaan yang efisien dan penyerapan maksimum nutrisi adalah penting bahwa keseimbangan mikro-organisme dipertahankan. Namun, di hari ini dan usia, menjaga saluran usus yang normal sehat sulit. Hewan sering mengalami stres kondisi. Dalam keadaan ini bakteri patogen dapat mendominasi pertumbuhan bakteri yang berlebihan, dan menciptakan "ketidakseimbangan" yang pada gilirannya dapat mengganggu fungsi usus normal dan menyebabkan berbagai masalah mulai dari pencernaan tidak efisien dan pemanfaatan pakan enteritis. Studi menunjukkan bahwa laktobasilus adalah bakteri yang paling terpengaruh oleh stres. Hal ini menyebabkan pengurangan saluran tersebut. Ketika ini terjadi, efek menguntungkan dari lactobacilli dalam mempertahankan pH yang tepat dan mikroflora hilang. Perubahan dalam flora mikro oleh ketidakseimbangan tersebut bertepatan dengan timbulnya muntah, diare, atau infeksi gastroenteritis lainnya.

Lebih khusus, pentingnya lactobacilli dipilih untuk usus kesejahteraan, pertahanan , dan di interupsi penyakit tertentu sekarang didokumentasikan dengan baik. Lactobacilli telah digunakan dalam mencegah pertumbuhan berlebih dengan antibiotik spesies tahan Candida, Pseudomonas, Staphylococcus, dan E coli selama terapi antibiotik, ketika flora mikro normal ditekan karena fungsi stres atau dengan antibiotik. Konsekuensi lain dari pertumbuhan bakteri yang berlebihan dari usus kecil adalah perumusan berbagai protein end-produk yang tidak lagi menggunakan oleh tubuh . Artinya, protein biasanya tersedia untuk tuan rumah begitu diubah oleh flora usus yang mereka tidak bisa lagi dimanfaatkan.
                                                                                                
sumber : avian web

Contoh Ukuran dan Jumlah LoveBird pada Kandang Koloni

Contoh Ukuran dan Jumlah LoveBird pada Kandang Koloni
Di bawah ini akan diuraikan beberapa tips dan pengalam dari seorang pemiliki love bird farm, semoga bermanfaat bagi anda yang hobi dan memiliki niat untuk memulai breeding.
Contoh Ukuran dan Jumlah LoveBird pada Kandang Koloni

Mungkin Foto saya ini dapat memotivasi dan menginspirasi Rekan rekan yang berencana untuk breeding lovebird.

Sejak Februari 2010 s/d Mei 2011 saya breeding LoveBird menggunakan kandang baterei / soliter (1 pasang, 1 kandang) dengan berjalannya waktu indukan yang saya punya semakin banyak sekarang lebih 70 pasang. Cukup merepotkan dan indukan tidak terkontrol dengan memakai 1 tenaga kerja saja. (Saya pikir Menambah tenaga kerja akan menambah masalah).

Akhirnya pada bulan Juni 2011 saya putuskan memperluas ruang breeding dan membangun kandang koloni dengan ukuran P 2,5 x L 1,5 x T 3 Meter sebanyak 5 kandang terbuat dari bahan rangka alumunium dengan kawat stenleis, tangkringan dari bahan kayu bengkirai yang cukup keras dan kotak / glodok terbuat dari bahan kayu jati.

Dari awal pengaturan sirkulasi udara dan pencahayaan sudah diatur sedemikian baik agar Lovebird tetap nyaman.

Setiap kandang koloni rencananya akan diisi 20 pasang dari 25 kotak yang tersedia didalam kandang koloni.
  • Kandang koloni A : khusus indukan Mix Color yang dari awal sudah berpasangan.(Lokal x Import)
  • Kandang koloni B : khusus utk Fischery Hijau Standard Import Holland/Belgi
  • Kandang koloni C : khusus utk Pied/Blorok dan Blackmask Violet Import Holland/Belgi
  • Kandang koloni D : khusus utk Pastel Kuning dan Pastel Hijau.(Lokal x Import)
  • Kandang koloni E : khusus utk Lutino dan Lutinem.(Lokal x Import).
Dan tidak lupa saya tetap menyediakan kandang baterei khusus untuk indukan ex Juara dan warna Olive sebanyak 14 kandang.

Indukan / pasangan mulai dimasukkan ke dalam kandang koloni tanggal 22 Juli 2011 dan sampai saat ini secara keseluruhan sdh 26 kotak / glodok ada telurnya dan dierami oleh masing - masing LoveBird di setiap kandang koloni dan baterei.



Sumber :
http://worth-roads.blogspot.com/2011/12/farm-lovebird-kandang-koloni-juli-2011.html

Beberapa penyebab utama kematian embrio

Beberapa penyebab utama kematian embrio
1. Embrio kekurangan nutrisi
Induk burung, terutama burung betina, bisa saja mengalami kekurangan nutrisi pada salah satu atau beberapa jenis nutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak, serat kasar, vitamin, dan mineral. Tetapi malnutrisi yang paling berpengaruh terhadap penetasan telur justru vitamin dan mineral.

Hampir semua defisiensi vitamin berpotensi menyebabkan kegagalan penetasan. Sedangkan jenis mineral yang cukup berpengaruh terhadap penetasan telur adalah mangaan (Mn), seng (Zn), yodium (I), dan zat besi (Fe).
Untuk mengetahui detail dampak kekurangan vitamin terhadap perkembangan embrio dalam telur, silakan klik di sini.
Beberapa penyebab utama kematian embrio
2. Induk betina sering meninggalkan sarang
Sebelumnya sudah dijelaskan, bahwa periode awal dan periode akhir penetasan / pengeraman telur membutuhkan konsistensi suhu dan pengeraman. Apabila menggunakan mesin tetas, apalagi mesin tetas otomatis, hal ini mungkin tak menjadi masalah.

Tetapi pada penetasan alami, atau telur dierami induknya, ada beberapa problem yang kerap terjadi, sehingga telur tidak mendapat suhu yang stabil pada kedua periode kritis tersebut. Problem yang sering muncul adalah induk betina sering meninggalkan telur, sehingga kemungkinan menetas makin kecil.

Penyebab utama induk betina sering meninggalkan sarang adalah karena banyak kutu / tungau yang menempel pada bahan sarang, bahkan pada bulu-bulu dan permukaan kulit induk betina. Terkadang induk tak sekadar meninggalkan sarang.

Dalam kondisi kutu sudah sangat banyak, induk betina biasanya akan stres dan merusak sarang serta telur-telur di dalamnya. Tidak mengherankan apabila sejumlah penangkar sering mengeluh mengapa induk betina membuang telurnya, atau bahkan mematuki telurnya sendiri hingga pecah.

Untuk mengetahui hal ini, Anda dapat memeriksa kondisi sarang ketika induk betina keluar sebentar untuk makan atau minum. Jangan sekali-sekali memeriksa sarang saat induk betina masih berada di dalamnya, karena hal ini juga akan membuatnya stres dan berdampak sama buruknya.

Jika benar sarang penuh kutu, maka taburkan serbuk FreshAves di bagian bawah sarang. Hal ini juga harus dilakukan ketika induk betina sedang keluar sarang.
Selain itu, larutkan 5 gram serbuk FreshAves ke dalam 1 liter air, diaduk hingga merata, lalu dimasukkan ke dalam sprayer. Semprot seluruh bagian kandang agar kutu, tungau, semut, nyamuk, dan parasit mati.

Air bekas semprotan yang sudah mengering ini juga akan membuat semua hewan kecil itu tidak berani memasuki kandang. Usahakan hal ini dilakukan rutin seminggu sekali, bahkan ketika induk sedang tidak berproduksi.

3. Induk betina terganggu induk jantan
Meski frekuensinya tidak terlalu sering, kasus ini beberapa kali dialami sebagian penangkar, terutama penangkar kacer, murai batu, trucukan, dan beberapa jenis burung lainnya. Dalam hal ini, induk betina yang sedang mengerami telurnya, justru dirayu-rayu pasangannya untuk diajak kawin.

Kasus ini biasanya disebabkan induk jantan mengalami over birahi (OB). Penyebabnya adalah porsi extra fooding (EF) terlalu berlebihan. Induk betina yang terus diganggu menjadi stres, dan akan meninggalkan sarang, membuang telur, atau bahkan memecahkan telur-telur yang sedang dierami. 

Dampaknya mirip dengan induk betina yang meninggalkan sarang akibat banyak kutu / tungau, namun solusinya berbeda.

Dalam kasus ini, solusi yang bisa dilakukan adalah memasukkan induk jantan ke dalam sangkar, namun sangkar tetap ada di kandang penangkaran. Pada saat bersamaan, porsi EF dikurangi dari biasanya. Induk jantan baru dikeluarkan dari sangkar jika piyik sudah dipisah dari induk betina.

4. Kesalahan dalam mengoperasikan mesin tetas
Mesin tetas memang memudahkan penangkar dalam menetaskan telur-telur indukan burung yang ditangkarkan. Selain bisa menampung telur dalam jumlah banyak, semua telur juga bisa menetas dalam waktu bersamaan.

Tetapi kesalahan dalam mengoperasikan mesin tetas dapat berakibat fatal, misalnya seluruh telur gagal menetas. Jarang sekali kekeliruan dalam mengoperasikan mesin tetas hanya akan mengakibatkan sebagian telur menetas dan sebagian lagi tidak menetas.

Hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam penggunaan mesin tetas antara lain :
  • Suhu penetasan
  • Kelembaban penetasan
  • Kadar oksigen dalam mesin tetas
  • Frekuensi pemutaran telur
Apabila Anda membeli mesin tetas, usahakan ada manual book atau panduan mengenai cara penggunaannya. Kalau Anda membuat sendiri, silakan cari dan baca referensi mengenai cara penggunaannya.

5. Telur terinfeksi bakteri atau virus
Ada beberapa hal yang membuat telur terinfeksi bakteri atau virus, antara lain:
Telur terkontaminasi virus atau bakteri dari tangan orang yang memegangnya. Hal ini bisa terjadi ketika Anda melakukan peneropongan telur (pasti memegang telur bukan?). Bisa juga ketika Anda melakukan pemutaran telur dengan tangan (jika Anda menggunakan mesin tetas non-otomatis). 

Karena itu, sebelum memegang telur, tangan dicuci dengan sabun antiseptik, atau menggunakan desinfektan yang bisa dibeli di apotek dan toko kimia .

Mesin tetas jarang disucihamakan setelah digunakan. Banyak penangkar yang begitu senang melihat telur-telurnya menetas, tapi lupa membersihkan mesin tetas. Karena itu, biasakan setelah telur menetas, bagian dalam mesin tetas disemprot dengan cairan desinfektan.

Kandang terkontaminasi bakteri atau virus yang dibawa vektor tertentu yang masuk ke dalam kandang. Misalnya semut, nyamuk, kutu, tungau, dan parasit lainnya. Untuk mencegah hal ini, kebersihan kandang harus selalu dijaga. Biasakan kandang selalu dalam keadaan kering. 

Sucihamakan kandang menggunakan FreshAves setiap minggu, agar kandang terbebas dari semua vektor pembawa bakteri dan virus.

6. Banyak getaran di lokasi sarang
Hal ini sering dialami para penangkar yang membangun kandang dekat rel kereta api, pabrik yang peralatannya menimbulkan getaran, dan sebagainya. Jika rumah Anda di dekat rel, namun getaran roda kereta api tidak sampai ke rumah / kandang (biasanya sekitar 100 meter), ini tidak masalah (soalnya dulu pernah ada yang bertanya seperti ini).

Bergetar atau tidak sebenarnya bisa dideteksi dari kaca jendela. Kalau kaca terdengar agak gemerutuk, baik karena kereta api atau mesin pabrik, berarti lokasi kandang tak cukup nyaman untuk penangkaran burung.

Getaran yang terlalu sering bisa membunuh embrio yang sedang tumbuh. Kalau pun selamat sampai menetas, seringkali anaknya mengalami kelumpuhan.

7. Embrio mengalami kesulitan di saat terakhir
Beberapa saat sebelum menetas, embrio di dalam telur terkadang mengalami kesulitan dalam mengatur posisinya agar tetap bisa bernafas dan menyerap makanan dari yolk sac(kantung kuning telur). Salah satu penyebabnya adalah ketidakstabilan kelembaban dalam ruang mesin tetas, atau bahkan dalam penetasan alami.

Jadi, sekali lagi, masalah suhu dan kelembaban mesin tetas harus selalu diperhatikan. Khusus untuk induk betina yang mengerami telurnya, selalu diperhatikan apakah sering meninggalkan sarang atau tidak.

Jika induk meninggalkan sarang untuk makan dan minum, itu tidak masalah, karena biasanya akan segera kembali ke sarang. Tetapi kalau berjam-jam meninggalkan sarang, apalagi sering mengusap-usap bulu dengan paruhnya, itu pertanda banyak kutu dan tungau pada sarang dan tubuhnya (ingat terapi FreshAves !).

8. Induk betina mengalami hypercalcaemia
Kalsium merupakan mineral penting untuk pembentukan kerabang telur. Kalau kadar kalsium dalam pakan indukan terlalu rendah, kerabang telur biasanya terlalu tipis dan mudah pecah.

Tetapi, kondisi berlebihan juga tidak baik. Kalau induk betina mendapat asupan pakan dengan kadar kalsium terlalu tinggi, dan hal ini berlangsung lama, potensi mengalamihypercalcaemia sangat besar.

Hypercalacemia adalah kondisi di mana kadar kalsium dalam tubuh sangat tinggi. Gejala yang muncul adalah telur-telur yang dihasilkan memiliki kerabang yang sangat keras. Dampaknya, menjelang menetas, embrio tidak mampu memecah kerabang telur yang terlalu keras tersebut. Jika tidak dibantu dengan tangan manusia, embrio pasti akan mati sebelum menetas.

Penyebab Telur Gagal Menetas

Penyebab Telur Gagal Menetas
Setiap penangkar burung, baik kicauan, burung hias, merpati, maupun burung kelangenan seperti perkutut dan derkuku, pasti menginginkan produktivitas indukan meningkat dari waktu ke waktu hingga tercapai batas optimal. Faktanya, tidak mudah mencapai sasaran tersebut, terutama akibat jumlah telur sedikit, telur infertil, embrio mati sebelum telur menetas, dan piyik mati beberapa jam atau beberapa hari setelah menetas. Yuk, kita kupas-tuntas semua persoalan ini, agar produktivitas indukan Anda bisa optimal.
Penyebab Telur Gagal Menetas
Jika dipetakan, ada dua penyebab mengapa telur tidak menetas, yaitu:
  • Telur infertil (gabuk, kosong, tidak subur).
  • Telur fertil, tetapi embrio mati di dalam telur sebelum menetas.
Di sini akan dibahas dulu mengenai telur infertil, karena sering dialami para penangkar, khususnya penangkar pemula. Setelah pembahasan mengenai telur infertil, kita langsung masuk ke pembahasan mengenai faktor penyebab telur tidak menetas, meski yang ditetaskan sebenarnya merupakan telur fertil.

Mengapa telur burung bisa infertil?
Telur infertil adalah telur yang sama sekali tidak mengandung sel benih. Dalam bahasa perunggasan, sel benih disebut juga sebagai discus germinalis, yang menempel di permukaan kulit telur (yolk). Sel benih inilah yang nantinya, ketika dierami induk atau ditetaskan dalam mesin tetas, berkembang menjadi embrio, dan pada hari terakhir penetasan memiliki wujud seperti piyik.

Karena telur infertil tidak mengandung sel benih, maka ketika dierami atau ditetaskan tidak akan pernah menetas. Apabila dipecah, telur infertil yang sudah dierami ini tidak berbau busuk, karena memang tidak ada embrio piyik di dalamnya.

Banyak penangkar burung yang kecewa, karena setelah menunggu induk betina mengerami telur selama berhari-hari, telur tidak juga menetas. Mereka tidak tahu jika telur yang dierami sebenarnya infertil. Jika sebelumnya sudah tahu, tentu tidak usah repot-repot dierami, agar induk bisa kembali bertelur dan berharap semua telurnya fertil.

Karena itu, penting sekali bagi penangkar dan calon penangkar untuk mengetahui mengenai telur infertil, bagaimana melakukan peneropongan (candling) telur sejak dini, bagaimana mencegah agar telur tidak infertil, dan sebagainya. Silakan masuk ke sini untuk mengetahui cara meneropong telur, serta membedakan antara telur infertil dan telur fertil.

Berikut ini lima faktor penyebab mengapa telur yang dihasilkan induk betina tidak subur atau infertil :
  1. Induk burung mengalami masalah nutrisi
  2. Induk burung mengalami masalah fisik
  3. Induk burung mengalami masalah sosial
  4. Induk burung mengalami masalah lingkungan
  5. Masalah genetik dari induk burung


kontes lovebird paling bergengsi di Bandung, Bandung Lautan Api Cup I

kontes lovebird paling bergengsi di Bandung, Bandung Lautan Api Cup I
Ayo peternak dan calon peternak di sekitar Bandung Raya, datang dan ramaikan kontes lovebird paling bergengsi di Bandung, Bandung Lautan Api Cup I, tgl 10 September 2017. Banyak keuntungan dan manfaatnya, yaitu:
  1. Sebagai ajang mengukur sejauh mana kesuksesan dan level ternak kita berada dibandingkan dgn peternak lovebird lainnya, khususnya di jalur warna.
  2. Sebagai media edukasi dgn melihat berbagai macam dan jenis mutasi lovebird, motifnya, bodinya yg aduhai, warnanya yg menarik dan harganya yg sangat menggiurkan.
  3. Sebagai ajang silaturahmi dan berkenalan dgn sesama peternak lovebird. Yg selama ini hanya kenal di fesbuk, like2an, komen2an, sindir2an, ayo pada ketemu dan kenalan, ngopi bareng, sruput bersama. Oh indahnya!!!!.jgn gelut yaa..
  4. Sebagai ajang untuk berdiskusi seputar ternak dan budidaya lovebird. Dari mulai mengawali ternak, pemilihan calon indukan, metode percepatan produksi, rumus2 genetika sampai dgn teknik menjual lovebird yg laris manis.
  5. Sebagai ajang untuk meningkatkan kepercayaan diri dan studi banding. Adik-adik remaja, dan calon peternak yg baru akan mulai, ajak orang tua kamu, papa atau mama, atau ajak istri dan mertua Anda datang ke kontes, lihat animo penggemar lovebird, pelajari peluang bisnisnya dan yakinkan ortu atau istri kl ternak lovebird itu sangat prospek. Cek dan lihat sendiri motor dan mobilnya peternak lovebird di parkiran, baragus baragus, dijaminnnn...
  6. Sebagai ajang rekreasi dan hiburan, siapa sih yg ga kepengen ketemu om Ko Dros, peternak sukses di Indonesia. Siapa yg ga kepengen ketemu dan foto bersama om Junot LB (Ketua KLI PVJ), peternak lb plg sukses di Bandung. Siapa yg ga kepengen ketemu dan foto bersama om U Samsun Wijaya K (Ketua KLI Cianjur), peternak biola pb paling sukses di Cianjur.

Banyakn kan manfaat dan keuntungannya. Ayo datang dan dapatkan keuntungnnya. Ini even plg dekat dgn lokasi kita, khususnya Bandung dan sekitarnya.

*kredit om Juna Vino, pinjam foto standrd penilaiannya.
Update :
AJANG SIlATURAHMI, INFO PEMINDAHAN TEMPAT
BC BANDUNG LAUTAN API direlokasikan ke atrium PASTEUR HYPERPOINT (dgn waktu pelaksanaan yg sama).
Pemindahan arena adu kebohayan burung tsb dilakukan atas dasar kesepakatan seluruh jajaran panitia dgn pertimbangan akses, kelayakan, dan kenyamanan demi memanjakan para tamu undangan dan partisipan.

10 Sept 2017.
Pasteur Hyperpoint (eks Giant).
Jalan Doktor Djunjunan No 126-128.


Tips HF Anakan Lovebird

Tips HF Anakan Lovebird
Selamat pagi sobat Lovebird Lovers

HF atau Hand Feeding adalah sebuah istiah yang biasa digunakan dalam dunia penangkaran burung. Hand feeding artinya memberikan makanan anakan burung (piyik) dengan bantuan tangan manusia (bukan indukan burung). Semula Hand feeding hanya dilakukan untuk anakan burung yang diperoleh dari hasil penetasan dengan mesin penetas, atau dilakukan terhadap burung yang ditelantarkan oleh induknya di sarang.

Ternyata hand feeding dapat pula digunakan sebagai teknik untuk menjinakkan burung, dengan hand feeding akan diperoleh burung yang jinak dan lebih mudah dalam pemeliharaan, dan membuat burung lebih dekat dengan sang pemilik.
Tips HF Anakan Lovebird
Pakan untuk HF lovebird sebenarnya sudah banyak tersedia dipasaran, baik berupa pakan kemasan import ataupun prodak peternak lokal harganya pun bervareasi, kita tinggal menyesuaikan dengan sisi dompet,, hehehe... tapi jika sobat lovebird lover kreatif sebenarnya kita bisa membuat pakan HF sendiri. dengan membuat pakan HF sendiri kita bisa mengatur racikan apa saja yang akan kita campurkan.

berkaitan dengan pakan HF bikinan / racikan sendiri (untuk yang ingin hemat dan murah meriah tapi anakan hidup sehat) sebaiknya hindari pemberian bahan pakan tunggal , misal  :
  • hanya bubur Sun
  • hanya tepung milet
  • hanya tepung haver 
  • hanya tepung BR 
  • hanya tepung beras 
  • hanya tepung kedele 
  • hanya tepung kacang ijo, dst ,
jangan lupa setiap jenis tepung tsb ,punya karakteristik yang berbeda, ada yang mengikat air, ada yang tidak. ada yang cenderung lengket ketika terkena air panas (misal kanji-terigu-maizena) ada juga yang tidak. dste ,..de es teee

jadi klo mau coba coba carilah campuran diantaranya. Memang akan makan waktu untuk menemukan yang pas (termasuk berapa banyak anakan yang tewas atau tumbuh abnormal.

sy dapatkan formula yang pertama setelah coba 1-3 bulan. Jadi memang tidak mudah. jangan lupa komposisi vitamin & mineral nya usahakan yang berimbang yah

semoga bermanfaat
Sukses Selalu :D 
Happy Birding,, Happy Breeding


Sumber : https://www.facebook.com/Lovebirds-Lover-Balikpapan-East-Borneo-116341295182911/

Sex Linked mutasi (sifat : recessive)

Sex Linked mutasi (sifat : recessive)
Apabila sebuah mutasi terdapat di dalam kromosom sex maka kita akan berhadapan dengan metode pewarisan sifat Sex-Linked (SL) resesif atau Sex-Linked (SL) Dominant. Agar pembahasan tidak terlalu melebar kita tidak akan membahas Sex-Linked (SL) Recessive, dikarenakan mutasi Sex linked (SL) dominat telah dibahas di artikel sebelumnya.

Pada burung, jantan memiliki kromosom X dan X (sepasang), sedangkan pada betina X dan Y (sepasang juga). Jika suatu mutasi SL ingin tampak terlihat (visual) pada anak jantan KEDUA INDUKNYA harus menurunkan gen mutasi SL yang sama di kedua kromosom X anak jantan. Namun apabila anak jantan hanya menerima satu kromosom mutasi SL dari salah satu induknya, maka anak jantan tersebut hanya SPLIT mutasi SL.

Sex linked mutasi biasanya terjadi pada lovebird jenis non klep

(contoh mutasi : Ino, Cinnamon, Pallid  & Opaline (pada A. roseicollis)
Sex Linked mutasi (sifat : recessive)
Ini berarti bahwa :
gen pembawa mutasi terletak di kromosom X.
Love bird  jantan memiliki dua kromosom X-   (XX)
dan betina  memiliki kromosom X    dan kromosom Y
jadi  jadi individu betina memiliki kombinasi : (XY).

Karena mutasi ini  bersifat resesif ,
Love Bird jantan harus memiliki dua gen ino (satu di setiap X-kromosom)
agar karakter mutasi ino tampak secara visual.

Dilain pihak
karena Love Bird betina hanya memiliki satu kromosom X-,
dan jika X-kromosom pasangan nya memiliki gen Ino,
mereka akan tampak secara visual sebagai Ino.

Ini disebabkan karena betina hanya perlu satu gen
untuk mengekspresikan sifat mutasi sex-linked
karenanya Sex Linked Ino lebih sering terjadi pada Love Bird betina.

Jika  kita tuliskan gen ino pada  kromosom X sebagai "Xi"
dan kromosom X dengan gen normal sebagai "X".

Ada tiga kemungkinan genotipe untuk LoveBird  jantan:  

XX - Dua gen yang normal menghasilkan LoveBird  jantan normal.  
XXi - Satu gen normal dan satu gen ino menghasilkan LoveBird jantan normal split Ino.  
XiXi - Dua ino gen yang mengakibatkan jantan LoveBird Ino.

semoga bermanfaat


Sumber: https://www.facebook.com/notes/lovebirds-lover-balikpapan-east-borneo/mutasi-sex-linked-sl-mutasi-/240836876066685

Apakah opaline x opaline = 100% opaline

Apakah opaline x opaline = 100% opaline
Apakah opaline x opaline = 100% opaline?
Menurut rumus, opaline x opaline = 100% opaline. Adakah kemungkinan perkawinan opaline x opaline menghasilkan warna hijau alias wild colour alias “josan”? Beberapa kali kita melihat postingan dari rekan rekan yang mengatakan bahwa mereka mendapatkan burung berwarna hijau biasa (non opaline) dari hasil silangan opaline x opaline. Postingan seperti ini biasanya langsung ramai ditanggapi dan terjadi perdebatan berkepanjangan bahkan sering ditanggapi dengan sinis: “anak yang tertukar”, “telor yang tertukar”, “indukannya selingkuh”, “peternaknya kurang piknik” hingga “bakul tukang tipu”.

Kembali ke pertanyaan diatas. Apakah ada kemungkinan perkawinan opaline x opaline menghasilkan warna hijau alias wild colour alias “josan”? Jawabannya ADA! Walaupun sangat jarang tapi kemungkinan itu memang ada. Bagaimana penyimpangan ini bisa terjadi? Berikut penjelasannya.

A.    Jawaban sinis yang mengatakan bahwa “indukannya selingkuh” adalah salah satu faktor penyebab terjadinya penyimpangan diatas. Menurut artikel yang ditulis oleh Dirk Van den Abeele, burung betina memiliki kemampuan menyimpan sperma jantan hingga jangka waktu tertentu dimana sperma tersebut disimpan disebuah saluran kecil yang berada diarea kloaka (sperm-storage tubules). Jangka waktu penyimpanan tersebut berbeda antara spesies yang satu dengan lainnya dan bisa mencapai hingga 30 hari. Jadi bisa saja betina opaline sebelum dikawini oleh jantan opaline sudah pernah “ditiduri” oleh jantan yang bukan opaline dan spermanya disimpan oleh sang betina hingga terjadi pembuahan pada saat dikawinkan dengan jantan opaline. Jadi memang benar terjadi “indukannya selingkuh”.

B.     Kemungkinan kedua adalah pada saat pembentukan sel reproduksi, ada bagian dari Z kromosom yang mengandung informasi mutasi yang bersangkutan mengalami kerusakan atau hilang (jantan memiliki 2 kromosom Z sedangkan betina memiliki 1 kromosom Z dan 1 kromosom W). Perlu anda ketahui bahwa pada saat proses meiosis sedang berlangsung, bisa tedapat beberapa kali kegiatan crossing over. Crossing over ini terjadi pada kromosom Z jantan yang secara keseluruhan memiliki empat kromatid dan pada kromosom Z betina yang memiliki dua kromatid. Istilah crossing over ini sebenarnya lebih rumit dari sekedar pertukaran antara dua kromosom. Jika ada bagian dari Z kromosom yang bermasalah (rusak atau hilang) maka ada dua kemungkinan yang bisa terjadi:
  • Embrio tidak berkembang dan mati dalam cangkang (Dead in Shell).
  • Embrio berkembang dan bertahan hidup tapi tidak mewarisi sifat mutasi dari kedua indukannya (dalam contoh kasus ini opaline) dan terlihat berwarna hijau alias wild colour alias “josan” dan diyakini burung seperti ini mandul.

Dari penjelasan diatas, walaupun kemungkinannya sangat kecil tapi memang bisa terjadi bahwa opaline x opaline = non opaline. Di dunia ini, satu satunya yang konstan hanya perubahan. Jika tidak ada penyimpangan maka dunia genetika bukanlah dunia genetika.
Salam,
Ben KLI

Disadur dari artikel Dirk Van den Abeele di http://www.ornitho-genetics.info/
PS: Jangan tanya saya apa itu kromosom, meiosis, kromatid dan istilah lainnya. Silahkan tanya google. 


Copyright © Lovebird lover Indonesia . All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design