pecinta burung lovebird Indonesia

Tips Sukses untuk Peternak Pemula

Mau upgrade lovebird tidak ada modal? Anda butuh katalisator!!!
Pusing melihat teman di facebook upload lovebird bagus bagus? pusing ingin upgrade tapi duit ga ada? pusing melihat grup2 lovebird dan rasanya ingin keluar saja dari grup itu? Tenang. pusing tidak apa apa asal jangan bikin panas hati, apalagi iri hati, itu semua penyakit hati. Hati hati!!!
Tips Sukses Untuk Peternak Pemula
Dulu, pada saat jaman lovebird parblue berjaya, harga jual anakan pb 7-9juta, saya masih ternak lovebird josan, paskun, pasjo dan pasbir. Rasanya ingin sekali punya parblue. Tapi apa daya, jual anakan josan atau pastel2an hanya 200ribuan, sementara parblue anakan 7-9 juta, dewasa 10jutaan. Pake uang dapur? pantang banget!! Pinjam bank atau koperasi? noooo!!
Jadinya ya pusing sendiri. Tapi untung ga sampai panas hati, jadi otak masih bisa berpikir waras. Untuk upgrade dr pastel atau josan ke parblue, saya merasa terlalu jauh dan berat. Jual anakan 200ribu untuk beli pb seharga 7 juta. Butuh 35 ekor pastel/josan. Banyak juga, indukan cuma 4 pasang. Blm kenal juga sama vitamin2 breeding spt skg.
Untuk itu kita butuh katalisator, sesuatu yg bisa mempercepat perubahan dari ternak pastel/josan ke jenis lovebird yang lebih tinggi, misalnya pb. Katalisatornya adalah jenis burung lovebird yg harganya di antara burung yang kita ternak sekarang, dengan burung yg menjadi tujuan atau target kita beli.
Tips Sukses untuk Peternak Pemula
Misalkan skg kita ternak pastel atau josan, target parblue. Kita jual SEMUA anakan ternakan skg, dan kita beli burung siapan/dewasa yg harga jual anaknya ada diantara harga jual pastel/josan dan parblue. Pastel/josan 200rb, target pb 7juta, kita beli mouve, violet atau euwing perso yg harga jual anakanya 1-1,5jt per ekor.
Jangan mencari dan membeli siapan/indukan mouve, violet atau euwing perso di grup grup burung nasional. Cari dan pantau saja di grup grup lokal pinggiran. Di grup grup seperti ini seringkali ada jackpot, burung bagus dijual murah. Tidak perlu malu, tidak perlu gengsi. Kita beli pake uang2 kita sendiri. Pantau saja terus grupnya, siapkan motor, isi bensinnya, siapa cepat dia dapat
Jadi intinya :
  1. Jual semua anakan, jangan sayang sayang
  2. Tentukan lovebird antara/katalisatornya (ternakan sekarang < katalisator < target)
  3. Cari dan beli lovebird di grup grup lokal pinggiran
Godaan yang mungkin terjadi adalah setelah jual anakan, kita punya uang, namun burung yang dicari belum ada, dan uang kita pakai untuk beli burung yang lain. Inget, kita butuh konsistensi sama tujuan/target. Abaikan burung lain yg tidak sesuai target, sebagus apapun. Percaya saja, suatu saat pasti ada yang jual burung yang kita butuh sesuai target dan harganya pas sesuai budget.
Demikian upgrade elbeh ala Bojongyellow, no pinjaman no uang dapur, keep cool n gaspolll!!!

sumber : FB Yudi Purwanto

No comments:

Post a Comment

Copyright © Lovebird lover Indonesia . All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design